Capailah ILmu Sampai Kapanpun dan Di manapun

Archive for the ‘World Education’ Category

Peraturan menteri keuangan

No Comments

Menteri Keuangan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 154/PMK.03/2009 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan No. 246/PMK.03/2009 tentang Beasiswa yang Dikecualikan dari Obyek Pajak Penghasilan. Aturan ini menyebutkan pajak beasiswa tidak dikenakan kepada penerima beasiswa untuk pendidikan formal dan nonformal di dalam dan luar negeri dari wajib pajak (WP).

“Penghasilan berupa beasiswa yang diterima Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wajib Pajak (WP) pemberi beasiswa dalam rangka mengikuti pendidikan formal dan/atau nonformal yang dilaksanakan di dalam negeri dan/atau di luar negeri dikecualikan dari objek Pajak Penghasilan, “ dikutip WartaEkonomi dari situs Departemen Keuangan (Depkeu) pada Jum’at (23/10) lalu.

Namun, pajak beasiswa akan diberlakukan kepada penerima tersebut apabila dia mempunyai hubungan khusus dengan pemberi beasiswa. “Pengecualian ini tidak berlaku apabila penerima beasiswa mempunyai hubungan istimewa dengan pemilik, komisaris, direksi, atau pengurus dari WP pemberi beasiswa, “ tuturnya. Read the rest of this entry »

Sertifikasi Dosen –> Program Sertifikasi Dosen Tahun 2009

1 Comment

Latar Belakang
Dosen adalah salah satu komponen utama dalam sistem pendidikan di perguruan tinggi. Peran, tugas, dan tanggung jawab dosen sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia, meliputi kualitas iman/takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab. Untuk melaksanakan fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis tersebut, diperlukan dosen yang profesional.

Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dosen dinyatakannsebagai pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dannmenyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdiannkepada masyarakat (Bab 1 Pasal 1 ayat 2). Sementara itu, profesional dinyatakan sebagai pekerjaan ataunkegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukannkeahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi. Read the rest of this entry »