Capailah ILmu Sampai Kapanpun dan Di manapun

Archive for November, 2010

Tentang sistem cluster berbasis linux

4 Comments

Ada cara yang umum untuk secara substansial meningkatkan keamanan server, ini adalah cluster.

Cluster cluster teknologi dapat didefinisikan sebagai berikut: sekelompok server independen dalam kinerja jaringan sebagai sistem tunggal, dan model sistem tunggal untuk mengelola. Ini sistem tunggal untuk workstation untuk menyediakan layanan pelanggan yang sangat handal.

Sebagian besar model, semua komputer dalam cluster memiliki nama yang sama, setiap layanan cluster yang berjalan pada sistem dapat digunakan oleh semua pelanggan jaringan. Cluster harus dapat mengkoordinasikan pengelolaan setiap komponen yang terpisah dari kesalahan dan kegagalan, dan dapat transparan ditambahkan ke komponen Cluster.

Sebuah Cluster berisi beberapa (setidaknya dua set) telah berbagi data server penyimpanan. Server menjalankan satu aplikasi, aplikasi data disimpan di ruang data berbagi. Setiap sistem operasi server dan file aplikasi disimpan dalam ruang penyimpanan lokal mereka masing-masing. Read the rest of this entry »

Agar Umur Menjadi Berkah

No Comments

Kisah ini biasanya dikutip untuk menjelaskan semangat humor Rasulullah saw. Namun, dari sisi lain ada hikmah yang dapat kita ambil berkaitan dengan sikap seseorang terhadap umurnya. Sang nenek dalam kisah diatas – sepertinya – tidak peduli apakah dia muda atau tua, karena yang penting dia bisa masuk surga.

Siapa pun memiliki peluang yang sama untuk masuk surga, baik muda maupun tua. Dalam pergaulan sehari-hari kita sering menjumpai orang-orang muda yang enggan bicara akhirat karena menurut mereka ituurusan nanti kalau sudah tua. Padahal bukankah kematian bisa datang kapan saja ? Dan sebaliknya, ada banyak orang tua yang belum tergerak hatinya untuk memikirkan nasibnya di akhirat. Padahal, boleh jadi Allah swt panjangkan umurnya untuk memberi kesempatan agar kembali kepada-Nya. Banyak orang keliru dalam memandang umurnya. “Ada dua nikmat – kata Rasulullah saw – yang membuat banyak orang tertipu karenanya yaitu kesehatan dan waktu yang luang”

(1) Waktu yang luang itu adalah umur yang menjadi kesempatan untuk beramal soleh. Orang yang tidak menggunakan kesempatan tersebut sampai tiba kematian berarti dia tertipu dengan umurnya. Apakah Umur Bertambah atau Berkurang ? Sebelum menjawab pertanyaan diatas, menarik kita simak ilustrasi yang dibuat oleh Amir Muhammad Al Madri, penulis buku “Tsalatsuna Amalan Yuthil al-’Umur” (Tiga puluh amal yang memperpanjang umur) sebagai berikut :

Seseorang berumur 60 tahun. 20 tahun digunakannya untuk tidur dengan asumsi rata-ratatidurnya 8 jam sehari. Dipotong masa menjelang baligh biasanya 15 tahun dan waktu yang digunakan untuk makan, minum, aktifitas lainnya selama 5 tahun. Maka, secara efektif, minus usia baligh, waktu tidur, makan minum dan lain-lain, umurnya yang tersisa untuk beramal sebenarnya selama 20 tahun saja. Jadi, dari 24 jam yang tersedia hanya sekitar 30 persen saja waktu efektif kita untuk beramal. Bahkan, jika seluruh usia 60 tahun itu digunakannya untuk beramal sekalipun, maka itu sebenarnya hanya baru tiga menit untuk ukuran akhirat, karena satu hari di akhirat sama dengan 1000 tahun di dunia. Seseorang berumur 60 tahun. Jika setiap hari rata-rata satu jam waktunya hilang tanpa amal maka telah sia-sia umurnya selama 3 tahun. Kalau 2 jam maka hilang 6 tahun. Demikian seterusnya setiap kehilangan satu jam tanpa amal. Bayangkan, jika didalam waktu yang terbuang itu dia melakukan maksiat kepada Allah. Alangkah sia-sia kehidupannya. Seseorang berumur 70 tahun. Jika 2 jam setiap hari digunakannya untuk beramal, misalnya 1 jam untuk shalat lima waktu dan 1 jam lagi untuk amal soleh lainnya, maka waktupotensial untuk beramal tinggal 22 jam perhari, sama dengan 64 tahun. Hal ini berarti, 2 jam per hari yang terpakai untuk beramal selama 70 tahun, itu hanya terhitung selama 6 tahun saja ! Read the rest of this entry »

Introduction to Cloud computing

No Comments

  Everything as a Service (EaaS)